Penyakit Gastroenteritis – Apa penyebab Gastroenteritis?

Penyakit Gastroenteritis – Apa penyebab Gastroenteritis?

Penyakit Gastroenteritis

Gangguan Kesehatan Penyakit Gastroenteritis, biasa dikenal juga sebagai ‘Gastro’, adalah penyakit yang bisa mengakibatkan diare dan muntah. Ada beberapa jenis penyakit gastro yang sangat mudah menyebar. Penyakit Gasstroenteritis pada umumnya bukan merupakan penyakit serius, akan tetapi bisa mengakibatkan penderita mengalami dehidrasi. Dalam kondisi yang lebih ringan dapat dirawat di rumah dengan meminum cairan.

Apa itu gastroenteritis?

Penyakit Gastroenteritis adalah penyakit yang mempengaruhi kondisi usus Anda (lambung dan usus).

Penyebab Penyakit Gastroenteritis adalah

  • Virus (seperti infeksi rotavirus atau norovirus)
  • Bakteri (termasuk salmonella)
  • Racun yang diproduksi oleh bakteri
  • Parasit (seperti giardia)
  • Bahan kimia (seperti racun dalam jamur beracun)

Penyakit Gastroenteritis sebenarnya hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan biasanya tidak memerlukan  obat. Penderita dianjurkan meminum banyak cairan; air putih atau oralit. Pada orang yang berumur dan anak-anak kecil serta orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah sangat berisiko terkena penyakit yang lebih serius.

Demi keamanan segera temui dokter jika anak Anda tidak dapat minum seteguk cairan atau mengalami gejala dehidrasi parah seperti mulut kering, tidak ada urin selama 6 jam atau lebih, lemas dan lesu.

Tanda dan Gejala Penyakit Gastroenteritis

Berikut adalah tanda dan gejala penyakit gastroenteristis

  • Muntah
  • Diare
  • Rasa Mual
  • Sakit perut
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Tidak ada nafsu makan

Diagnosa Gastroenteritis

Apabila Anda mobat penyakit gastroenteritisgejala diare atau muntah, Anda mungkin terkena Penyakit Gastroenteritis. Seorang dokter dapat mendiagnosis penderita gastro setelah berbincang dan memeriksa kondisi Anda. Jika kondisi tubuh Anda tidak membaik setelah meminum obat yang diresepkan, dokter mungkin akan melakukan tes feses dengan tujuan mengetahui secara detil penyebab yang membuat Anda sakit.

Pengobatan Penyakit Gastroenteritis

Perawatan yang paling pas dan penting untuk penyakit gastroenteritis adalah minum banyak cairan. Usahakan tetaplah minum air secara teratur meskipun Anda sedang muntah. Bagi pasien anak kecil pemberian cairan minum dalam jumlah sedikit dengan banyak frekuensi akan lebih baik dibandingkan minum dalam jumlah besar sekaligus

Apabila Anda memiliki bayi atau anak kecil yang menderita gastro, Ada baiknya lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter untuk masalah dehidrasi. Anda bisa  membeli cairan rehidrasi di apotek terdekat. Ini adalah cairan terbaik yang dipakai dalam penanggan kasus gastro, terutama untuk anak-anak.

Apabila Anda tidak bisa memperoleh cairan rehidrasi, atau anak Anda menolak untuk meminumnya, anda bisa memberikan jus buah encer (satu bagian jus buah dengan empat bagian air). Anda bisa mencoba menambahkan es batu jika anak Anda tidak mau minum. Hindari susu dan produk susu lainnya dan jangan memberikan jus, soda, minuman olahraga atau minuman ringan lainnya karena kandungan gula tinggi dalam makanan yang dikonsumsi   dapat membuat diare semakin parah.

Selama sakit, untuk Penderita Bayi dapat tetap melanjutkan pemberian ASI, dan cairan rehidrasi dengan selang waktu pemberian. Obat untuk mual atau diare dapat berguna bagi orang dewasa, tetapi mungkin tidak aman untuk anak-anak. Antibiotik jarang sekali membantu mengatasi masalah penyakit ini.

Jika Anda sangat sakit gastro yang parah, Anda mungkin harus pergi ke rumah sakit agar dapat diberikan infus cairan.

Bagaimana cara penyakit gastroenteritis menyebar?

Penularan Gastro dapat menyebar dengan sangat mudah. Anda mungkin terkena dari kontak dengan orang yang terinfeksi (atau muntah atau kotoran). Penularan juga dapat menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi.

Pencegahan Gastroenteritis

Untuk mengurangi resiko terkena penularan gastro, cuci tangan Anda dengan baik setelah menggunakan kamar mandi atau mengganti popok, dan sebelum menyiapkan makanan.

Jika Anda menderita gastro, sangat penting untuk tetap berada di dalam rumah (jauh dari tempat kerja, sekolah, atau penitipan anak) hingga gejalanya hilang setidaknya setelah 24 jam. Apabila pekerjaan Anda melibatkan penanganan makanan atau merawat anak-anak, orang tua, atau pasien, jangan kembali bekerja sampai 48 jam setelah gejalanya berhenti.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang gastro pada anak-anak di situs web GESA (Gastroenterological of Australia).

Anak-anak dan vaksinasi untuk rotavirus

Rotavirus adalah jenis virus yang menjadi sebab penyakit gastroenteritis parah pada bayi dan anak kecil. Semua anak kecil sebaiknya menerima vaksin rotavirus pada usdigunakan.

Vaksin ini efektif dalam mencegah infeksi rotaviruia sekitar 2 bulan dan 4 bulan. Dosis ketiga pada 6 bulan mungkin diperlukan tergantung pada merek vaksin yang s pada sekitar 7 dari setiap 10 anak yang divaksinasi. Ini juga efektif dalam mencegah gastroenteritis berat pada sekitar 9 dari setiap 10 bayi yang divaksinasi. Vaksin ini memberikan perlindungan hingga 5 tahun.

Baca Juga: Penyakit Demam Berdarah dan Pengobatannya