Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada wajah, seperti jerawat, minyak berlebih, kulit wajah bersisik, bekas jerawat, wajah kusam, dan lainnya. Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Komedo terkadang membuat orang menjadi gregetan. Komedo, meski kelihatan sepele, bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri. Artikel berikut adalah tentang apa itu komedo, dan cara menghilangkan komedo secara alami

Komedo


Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah.

Pada umumnya, komedo dikenal dalam dua jenis, yaitu :

a. Komedo/bintik hitam: Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.

b. Komedo/bintik putih: Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Penyebab komedo


Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk di kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

a. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.

b. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.

c. Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

d. Minyak berlebih pada wajah.
Secara alami, kulit memang mengeluarkan minyak setiap hari untuk menjaga kelembapan dan mencegah terjadinya kekeringan. Namun, beberapa faktor seperti berlebihnya kadar hormon Androgen dalam tubuh, stres, serta konsumsi makanan berlemak sering kali memicu berlebihannya minyak yang dikeluarkan. Minyak ini kemudian menumpuk di permukaan kulit sehingga menyebabkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan debu lebih mudah menempel.

e. Makeup yang tidak dibersihkan sebelum tidur.
Dibanding cowok, cewek terbilang lebih rentan bermasalah dengan komedo. Terkait hal ini, penggunaan makeup sering disebut-sebut sebagai biang keladinya, Girls. Sebab, meskipun bisa menutupi ketidaksempurnaan di kulit wajah, makeup juga dapat menutupi pori-pori kulit dan berpotensi membuatnya tersumbat.

Menghilangkan Komedo Secara Alami


Siapa bilang membersihkan komedo hanya bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Sebenarnya, kamu bisa sekali melakukannya sendiri di rumah dengan cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen. Yuuuuk kita intip bahan untuk menghilangkan komedo secara alami dan cara pakainya

1. Tomat


Tomat memiliki kandungan Likopen yang mempunyai sifat antioksidan yang sangat kuat sehingga sangat bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga bisa membantu agar sel kulit mati tidak menumpuk dan komedo pun tidak akan muncul.

Tidak hanya cocok digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami, tomat juga memiliki kegunaan lain. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan akibar sinar UV.
Untuk cara menghilangkan komedo putih cobalah untuk menumbuk halus tomat sampai menjadi bubur. Oleskan tumbukan tomat itu ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa bilas dengan air bersih.

2. Putih Telur dengan tissue


Mungkin waktu pertama kali kamu mendengar masker putih telur ini, hal pertama yang terlintas di kepalamu adalah, memangnya nggak amis? Nyatanya, kalau kamu membersihkan maskernya dengan benar, tidak akan ada bau amis yang tertinggal kok.

Putih telur dipercaya kaya akan kandungan asam amino dan asam folat yang tinggi. Sehingga bila digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami, putih telur juga bisa mengecilkan pori-pori. Hal itu membuat kotoran dari luar tidak akan menumpuk pada kulit dan juga mengenyalkan kulit wajahmu.

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan putih telur adalah dengan menggunakan tissue sebagai alat maskernya.

Pertama, siapkan tissue lalu robek sesuai dengan wajah kita.
Ke dua, tempelkan tissue diwajah.
Ke tiga, siapkan putih telur dan kuas rias untuk mengolesi di atas tissue hingga merata.
Ke empat, tunggu hingga kering , hingga membentuk seperti masker setelah itu lepaskan perlahan-lahan, dan bilas dengan air.
Dijamin komedo Anda akan terangkat

3. Madu


Penggunaan madu sebagai masker sudah banyak dilakukan sejak ratusan tahun silam. Zat anti-bakteri dan antioksidan yang terdapat di dalamnya bisa berguna untuk cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat.
Untuk penggunaannya pun sangat mudah dan simple. Siapkan satu sendok makan madu dan oleskan merata pada wajah. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

4. Kayu manis


Tidak hanya terkenal sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang salah satunya dapat membantu membersihkan komedo. Kayu manis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

5. Gula dan Kopi


Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki sangat banyak penggemar diseluruh dunia. Sedangkan gula sudah menjadi bagian bahan perasa yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Namun ternyata perpaduan antara keduanya bisa menjadi scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga wajah menjadi halus, mulus dan bebas dari komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan scrub gula dan kopi:
• Larutkan 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam air secukupnya.
• Tambahkan 1 sendok makan gula pasir.
• Aplikasikan scrub ke wajah yang sudah dibersihkan.
• Usapkan secara merata selama beberapa menit.
• Bilas dengan air bersih.

6. Pepaya


Tidak hanya sehat untuk pencernaan, pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi komedo. Pepaya mengandung vitamin A, C dan E yang akan membantu melembabkan dan menutrisi kulit Anda. Buah ini juga dapat menyingkirkan sel kulit mati, membersihkan kotoran serta menghilangkan komedo di wajah.
Cara menggunakan pepaya untuk mengatasi komedo sangat sederhana, cukup haluskan pepaya matang dan gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 30 menit. Coba gunakan cara ini secara rutin untuk merawat dan membersihkan wajah dari komedo.

7. Pasta gigi


Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan. Pasta gigi dinilai mampu membantu membersihkan komedo, mint pada pasta gigi akan membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan membunuh bakteri yang ada. Anda juga akan memerlukan es batu untuk melakukan perawatan ini, gunanya untuk menutup pori-pori yang sudah bersih untuk mencegah kotoran masuk.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

• Siapkan pasta gigi mint, air dan es batu secukupnya.
• Oleskan pasta gigi ke bagian yang berkomedo, biasanya hidung lalu tunggu hingga kering.
• Lalu oleskan berikan beberapa tetes air di atas pasta gigi yang mengering sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.
• Bila dirasa cukup, bilas wajah Anda dengan air kemudian gosokan es batu ke area tersebut

Pastikan untuk menggunakan pelembab kulit setelah melakukan perawatan ini. Perawatan ini cocok di aplikasikan pada semua jenis kulit dan dapat Anda ulangi setiap hari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Coba salah satu cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen di atas yang Anda rasa mudah untuk dilakukan secara rutin. Bersihkan tangan dan wajah Anda sebelum melakukan perawatan kulit ini.

Selain itu Anda juga perlu melakukan uji alergi pada kulit, karena tidak semua jenis kulit cocok untuk melakukan salah satu cara menghilangkan menghilangkan komedo secara alami di atas. Cukup usapkan sedikit pada bagian kulit Anda sebelum menerapkannya pada kulit wajah Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Cepat dan Alami