Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun ?

Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun ?

Anda Ingin Lebih sehat? 

Ganti Minyak Goreng Anda Dengan Minyak Zaitun

Selain untuk kecantikan, ternyata minyak zaitun juga lebih sehat dibandingkan minyak kelapa, karena minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak sekali senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya Vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. Penasaran dengan apa saja manfaat minyak zaitun? Simak saja di bawah ini.

1. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

Menebalkan Alis Secara Alami

Selain bermanfaat untuk rambut, manfaat minyak zaitun lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Caranya :

1. Oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur.
2. Biarkan semalaman.
3. Lalu keesokan harinya bersihkan sambil membersihkan muka.

Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata Secara Alami

Selain mengaplikasikannya pada alis, bisa juga anda mengaplikasikan pada bulu mata anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mendapatkan tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

Merawat Kesehatan Rambut

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya :
1. Siapkan 1 sdm minyak zaitun.
2. Campur dengan 1 sdt madu.
3. Gunakanlah sebagai masker wajah.
f. Mengatasi kulit kering

Selain diaplikasikan pada wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada seluruh badan Anda karena manfaat minyak zaitun yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, maka Anda akan memiliki kulit yang tidak kering serta tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas karena manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

2. Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Rematik Secara Alami

Rematik (rheumatoid arthritis) adalah penyakit autoimun yang memunculkan gejala nyeri sendi berulang. Manfaat minyak zaitun nyatanya juga dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi akibat rematik. Khasiat minyak zaitun ini akan berlipat ganda jika dikombinasikan dengan mengkonsumsi minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 yang dapat menangkal peradangan dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, kombinasi minyak buah zaitun dan minyak ikan dapat sangat mengurangi nyeri sendi, kekakuan kepalan tangan, dan sendi ngilu di pagi hari pada orang-orang yang mengidap rematik.

Menjaga Berat Badan Ideal

Makan makanan berlemak telah lama dikaitkan dengan penambahan berat badan besar-besaran hingga bahkan obesitas. Namun meski minyak zaitun pada dasarnya adalah konsentrat lemak, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dalam jumlah banyak sekalipun tidak menggemukkan. Bahkan bukannya tidak mungkin Anda justru meraih berat badan ideal di penghujung hari sebagai efek dari khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian telah menghubungkan pola diet Mediterania, yang kaya akan minyak zaitun, dengan efek penurunan berat badan.

Mencegah Osteoporosis Secara Alami

Selain berbagai manfaat minyak zaitun yang sudah disebutkan di atas, nyatanya minyak ini juga memiliki manfaat untuk tulang. Pasalnya hingga sampai saat ini semakin banyak bukti medis yang melaporkan bahwa asupan minyak zaitun rutin dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam darah, yang dapat berdampak baik pada kesehatan dan kepadatan tulang sehingga dapat membantu mencegah risiko osteoporosis.

Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam minyak zaitun berperan dalam menceha penyakit jantung. Mengkonsumsi sekitar empat sendok makan minyak zaitun tiap hari disebut bisa mencegah terjadinya serangan jantung.

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat minyak zaitun yang banyak diketahui masyarakat adalah bisa menurunkan kolesterol. Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda. Jika Anda ingin mencoba menurunkan kolesterol dengan minyak zaitun, Anda bisa mengkonsumsi dua sendok makan minyak zaitun tiap hari. Anda juga bisa mencampurkannya dengan salad atau menggunakannya untuk menumis sayuran.

Minyak zaitun bisa bertahan tiga bulan dari proses produksi. Namun ada juga yang bisa bertahan hingga dua tahun, tetapi manfaatnya akan lebih baik jika Anda habiskan tidak lebih dari setahun. Menurut penelitian, kadar antioksidan pada minyak zaitun akan turun drastis setelah disimpan selama setahun, meski Anda telah menyimpannya dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang maksimal. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mempertimbangkan sejumlah hal di bawah ini dalam mencari minyak buah zaitun terbaik di pasaran.

1. Kemasan harus berupa botol kaca gelap atau dalam kaleng
Paparan cahaya dan panas dari luar akan merusak citarasa dan komposisi minyak ini. Oleh karena itu, hindari membeli minyak ini yang dikemas dalam botol kaca bening, apalagi botol plastik. Di rumah, simpan botol minyak zaitun Anda di dalam lemari gelap, tidak lembap, terlindungi dari sinar matahari, dan jauh dari kompor.

2. Pastikan tertera label “extra virgin olive oil
Perlu diketahui bahwa istilah “extra virgin” tidak sama dengan artian “murni”. Justru, label “murni” pada botol minyak Anda menandakan bahwa produk tersebut berkualitas rendah karena sudah melalui proses penyulingan atau bahkan refinasi.
Label “extra virgin” menandakan bahwa produk yang Anda pilih merupakan kualitas yang terbaik. Minyak zaitun extra virgin tidak melewati rentetan proses pabrik, sehingga molekul rasa dan aromanya tetap utuh.

3. Ada tanggalan kapan dipanen atau produksi dan masa kedaluwarsanya
Minyak ini, sama dengan makanan, juga punya tenggang masa pakai optimal. Cermati label dan cari tahu kapan tepatnya minyak tersebut diproduksi dan kapan masa kedaluwarsanya berakhir. Pastikan Anda tidak membeli produk yang berumur lebih dari dua tahun.

4. Minyak Zaitun Organik lebih baik
Pastikan ada label organik dari USDA atau BPOM, yang menandakan bahwa setidaknya 95 persen minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa penggunaan pestisida atau pupuk sintetik.

5. Cicip dan baui wanginya
Pada dasarnya, warna minyak zaitun bisa bervariasi, tergantung dari banyak hal seperti jenis buah zaitun yang dipakai dan di usia kematangan berapa buah diolah. Namun, semakin panjang perjalanan yang dibutuhkan untuk minyak zaitun mencapai suatu tempat, semakin bertambah pula usianya.

Itu sebabnya banyak minyak impor yang memiliki rasa atau bau tengik. Jika Anda menggunakan minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda, menelan sesendok makan minyak tengik tidak akan memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, cium bau dan cicipi rasanya ketika anda sudah sampai di rumah. Idealnya, minyak buah zaitun yang berkualitas baik tidak menghasilkan bau anyir atau rasa aneh yang tidak sedap — misalnya seperti bau kaos kaki basah atau selai kacang basi. Bau dan rasa minyak zaitun yang baik seharusnya segar.

Untuk menghindari salah beli, sebaiknya pilih saja produk lokal (jika ada). Minyak buah zaitun lokal hanya memakan waktu sebentar dari waktu panen hingga distribusi yang akan menjamin kesegarannya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda secara keseluruhan.

Semoga informasi ini berguna bagi anda, jangan lupa share di media sosial anda, agar teman dan keluarga anda bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan